Budidaya dan Cara Menanam Nanas Madu

Budidaya dan Cara menanam Bibit Nanas Madu 

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum membudidayakan nanas madu, yaitu:

1. Mempersiapkan Lahan untuk Menanam Bibit Nanas Madu


Lahan nantinya akan menjadi tempat proses anda menanam dan merawat tanaman nanas madu anda, sehingga mempersiapkan lahan merupakan hal yang wajib anda lakukan sebelum anda menanang bibit nanas madu, karena hal ini akan sangat menetukan hasil produksi dari nanas madu yang anda tanam.
Sebenarnya Nanas madu bisa tumbuh subur dimana saja asal bukan tanah berlempung. Nanas madu juga membutukan lahan yang gemur dan memiliki cukup asupan air, agar tanaman ini tidak kering selain itu kekurangan air bisa menyebabkan nanas madu anda menjadi kuntet dan tidak bisa besar.
Sebaiknya bajak dahulu halan yang akan anda gunakan atau cangkul agar lahan lebih gebur dan bentuklah barisan gundukan tanam memanjang.

2. Pemilihan Benih atau Bibit Nanas Madu

Bibit Nanas Madu Pemalang
Bibit Nanas Madu Pemalang

Bibit Nanas Madu Pemalang
Bibit Nanas Madu Pemalang

Bibit Nanas Madu Pemalang
Bibit Nanas Madu Pemalang

Anda diharuskan memilih benih yang baik untuk mendapatkan hasil nanas madu yang memuaskan, anda bisa langsung membeli pada penjual bibit nanas madu pemalang atau bisa juga membelinya langsung dari petani lain.
Hal yang harus diperhatikan dalam memilih benih:

  1. Pastikan memiliki catatan  hasil panen yang baik.
  2. Tidak memiliki riwayat penyakit. 
  3. Dan cocok dibudidaya pada daerah anda.
  4. Pastikan membeli bibit nanas madu unggulan kabupaten pemalang

3. Proses Penanaman Nanas Madu


Buatlah lubang pada gundukan tanah yang tadi disiapkan berikan pupuk secukupnya.
Kemudian tanamkan bibit kedaam lubang yang telah disediakan.
Tutup kembali lubang dengan tanah
Kemudian padatkan (tapi jangan terlalu padat benar) untuk memberikan kesempatan bakal tanaman merambat keluar.

4. Pemeliharaan Nanas Madu

  • Penyulaman
Kegiatan penyulaman nanas diperlukan, untuk menggantikan beberapa bibit nanas madu yang mati, tidak tumbuh karena kesalahan teknis penanaman atau faktor lain.
  • Penyiangan
Penyiangan dilakukan guna membersihkan kebun nanas madu dari rumput liar dan gulma pesaing tanaman nanas dalam hal air, unsur hara & sinar matahari. Cara penyiangan dilakukan dengan mencabut rumput dengan tangan/kored/cangkul. Tanah di sekitar bedengan digemburkan dan ditimbunkan pada pangkal batang nanas sehingga membentuk gundukan.

5. Pemupukan Nanas Madu

Pemupukan dilakukan setelah tanaman nanas madu berumur 2sampai 3 bulan dengan pupuk buatan. Pemupukan susulan berikutnya diulang tiap 6 sampai 8 bulan sekali sampai tanaman berbunga dan berbuah. Untuk Jenis dan dosis pupuk yang digunakan anda bisa langsung berkonsultasi dengan penjual pupuk dan atau petani lain yang lebih berpengalaman. karena setiap jenis pemupukan disesuaikan dengan kwalitas tanaman anda.


6. Panen Nanas Madu

Panen dilakukan setelah nanas berumur 12 sampai 24 bulan, tergantung dari jenis bibit nanas madu yang digunakan. Bibit yang berasal dari mahkota bunga berbuah pada umur 24 bulan, hingga panen buah setelah berumur 24 bulan. Tanaman yang berasal dari tunas batang dipanen setelah umur 18 bulan, sedangkan tunas akar setelah berumur 12 bulan.

Rating : 5


Catatan : UNTUK PEMESANAN BIBIT ATAU BUAH NANAS MADU PEMALANG SILAHKAN CONTACT VIA TELP/SMS/WA KE 0852 2627 1975 TERIMA KASIH !!!
ARTIKEL TERKAIT

cs kabpemalang - Sabtu, Februari 25, 2017

0 komentar :

Posting Komentar

Bagi yang membutuhkan Bibit Benih Buah Nanas Madu Pemalang Jateng silahkan Hubungi 0852 2627 1975 a.n ISMUNAJIB